Jumat, 15 Juni 2012

sistem reproduksi manusia

Pengertian sistem reproduksi manusia

Sistem reproduksi adalah sekelompok struktur terorganisir yang memungkinkan penciptaan, atau reproduksi, kehidupan baru bagi kelanjutan spesies. Reproduksi manusia adalah seksual, yang berarti bahwa baik laki-laki dan seorang perempuan memberikan kontribusi materi genetik dalam pembentukan individu baru. Selama pubertas, biasanya terjadi antara usia sembilan dan empat belas, sistem reproduksi dari kedua jenis kelamin dewasa. Ovarium melepaskan sel telur dari perempuan (sel kelamin perempuan) dan testis laki-laki memproduksi sperma (sel kelamin laki-laki). Reproduksi terjadi ketika sperma bertemu dengan telur, proses yang disebut pembuahan.

Sistem reproduksi laki-laki
Tugas utama dari sistem reproduksi laki-laki adalah untuk menghasilkan sel sperma dan untuk memperkenalkan sperma ke dalam saluran reproduksi wanita. Sperma diproduksi di testis, sepasang kelenjar reproduksi pria yang terletak di skrotum, kulit yang ditutupi kantung yang menggantung dari pangkal paha. Dalam setiap testis yang tubu- lus berongga disebut tubulus seminiferus di mana sel sperma dihasilkan. Testis juga mengeluarkan testosteron hormon laki-laki, yang merangsang perkembangan struktur reproduksi dan karakteristik seksual sekunder (seperti memperdalam suara) pada pubertas. Setelah produksi, sel sperma bergerak ke tabung melingkar yang disebut epididimis yang sangat, di mana mereka matang dan disimpan. Selama ejakulasi (pengusiran sperma dari penis saat orgasme), sperma perjalanan dari epididimis melalui tabung panjang yang disebut vas deferens ke urethra. Uretra adalah tabung tunggal yang memanjang dari kandung kemih ke ujung penis (dan melalui mana urin melewati keluar dari tubuh). Sekresi kelenjar yang berbeda dari tiga bercampur dengan sperma sebelum ejakulasi, membentuk cairan mani, atau air mani. Ejakulasi air mani mungkin berisi sebanyak 400 juta sperma.

Penis adalah organ reproduksi laki-laki yang memberikan semen ke dalam saluran reproduksi wanita. Ini terdiri dari poros, kelenjar (atau wilayah kepala), dan kulup sebuah. Ini adalah praktek yang umum dalam budaya tertentu dan agama-agama untuk memiliki kulit khatan dihapus, atau disunat. Selama gairah seksual, pembuluh darah dalam jaringan penis mengisi dengan darah, menyebabkan ia membengkak dan mencapai keadaan ereksi. Penis menjadi lebih lama, lebih luas, dan perusahaan, yang memungkinkan masuk ke dalam vagina perempuan.

Sistem reproduksi wanita
Tugas utama dari sistem reproduksi wanita adalah untuk menghasilkan ovum, menerima sperma dari rumah, penis dan memberikan nutrisi ke embrio berkembang (janin), melahirkan, dan menghasilkan susu untuk memberi makan anak. Ovum diproduksi diovarium,organ berbentuk oval dipangkal paha yang juga memproduksi hormon seks. Pada saat lahir,ovarium betina berisi ratusan ribu telur berkembang,masing-masing dikelilingi oleh sekelompok sel untuk membentuk folikel (kantung). Namun, hanya sekitar 360-480 folikel mencapai kematangan penuh.Selama pubertas, aksi hormon menyebabkan beberapa folikel berkembang setiap bulan. Biasanya,hanya satu folikel matang sepenuh nya, pecah dan melepaskan sebuah sel telur melalui dinding ovarium dalam proses yang disebut ovulasi. Telur yang matang memasuki salah satu tuba falopii dipasangkan, mana mungkin dibuahi oleh sperma dan bergerak ke rahim untuk berkembang menjadi janin. Lapisan rahim, yang disebut endometrium, mempersiapkan untuk keha- milan setiap bulan dengan menjadi lebih tebal. Lapisan adalah gudang saat menstruasi jika tidak terjadi pembuahan.

Uterus, atau rahim, adalah organ di mana janin berkembang dan menerima nutrisi dan oksigen. Pada dasarnya terletak leher rahim, yang melebar selama kelahiran untuk memungkinkan bagian dari janin. Vagina adalah tabung berotot memanjang dari uterus ke luar tubuh. Ini adalah wadah untuk sperma yang ejakulasi selama hubungan seksual dan juga merupakan bagian dari jalan lahir. Organ genital eksternal, atau vulva, termasuk labia, klitoris, dan mons pubis. Labia adalah lipatan kulit di kedua sisi bukaan ke vagina dan uretra. Klitoris, organ, kecil sensitif terletak di depan labia, adalah sebanding dengan penis laki-laki. Mons pubis adalah pad dari jaringan lemak di atas clitoris. Selama kehamilan, hormon estrogen dan progesteron merangsang wanita pembesaran payudara dan kelenjar susu. Sekitar dua hari setelah lahir, kadar hormon ini menurun, dan kelenjar pituitari melepaskan hormon prolaktin yang merangsang produksi susu. Susu mengalir melalui lubang kecil di puting payudara setiap menyusui bayi.

Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/2219629-pengertian-sistem-reproduksi-manusia/#ixzz1xqnyq5AL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar